Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

Cara Pasang Plafon GRC Rangka Hollow, Lihat Yuk!

Cara pasang plafon grc rangka hollow - Apakah ada diantara Anda yang sedang membangun rumah dan sudah pada tahap finishing? Jika iya, maka jangan lupa untuk memperhatikan bagian langit-langitnya.


Cara Pasang Plafon GRC Rangka Hollow, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Tukang Jadi Jadian (Youtube).

Finishing pada bagian langit-langit yaitu memasang plafonnya. Kemudian, agar plafonnya dapat terpasang dengan kuat, tentu Anda harus memasang rangka berbahan kokoh di langit-langit rumah tersebut. Salah satu rangka plafon yang banyak direkomendasikan orang yaitu besi hollow.

Lalu, apa itu besi hollow?

Besi hollow adalah semacam batangan besi yang memiliki rongga. Kalau digambarkan, maka besi hollow ini bentuknya seperti pipa besi yang berbentuk kotak.

Besi hollow ini banyak digunakan orang untuk keperluan dibidang konstruksi. Seperti untuk membuat rangka tembok partisi dan rangka plafon. Nah artikel kali ini akan fokus mengulas tentang penggunaan dan cara pasang plafon GRC rangka hollow untuk rumah hunian.

Pemasangan plafon sendiri bisa dikatakan sudah menjadi hal yang "wajib hukumnya" pada bagian interior atas rumah. Karena plafon ini efeknya sangat signifikan sekali pada nilai estetis (seni dan keindahan) sebuah rumah.

Kenapa penulis katakan pemasangan plafon "wajib hukumnya?"

Coba saja Anda bayangkan jika ada sebuah rumah yang baru dibangun, tapi tidak dipasangi plafonnya, kira-kira bagaimana pemandangannnya? Silahkan Anda jawab sendiri. 😁

Cara Pasang Plafon GRC Rangka Hollow

Salah satu material yang sering digunakan dalam pemasangan plafon adalah GRC. Plafon GRC ini memiliki cukup banyak kelebihan. Diantaranya; harga terjangkau, anti air, kuat, dan tahan lama. Selain itu, cara pasang plafon GRC rangka hollow juga terbilang mudah.

Seperti pemasangan plafon untuk material gypsum, cara pasang plafon GRC rangka hollow bisa menggunakan hollow berukuran 2x4, 4x4 atau keduanya. Namun, penggunaan hollow 2x4 dinilai lebih ekonomis dengan kualitas yang bisa disetarakan dengan hollow 4x4 bahkan lebih.

Berikut ini akan di uraikan beberapa langkah dan cara pasang plafon GRC rangka hollow. 

Simak hingga tuntas yuk.

Cekidot!

1. Ukur Tinggi Plafon


Cara Pasang Plafon GRC Rangka Hollow, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Arsitur.com

Mengukur ketinggian langit-langit ruangan merupakan langkah pertama yang harus dilakukan. 

Caranya dengan membuat titik pada keempat sudut ruangan menggunakan waterpass−selang berisi cairan yang digunakan sebagai alat ukur. Anda juga bisa menggunakan alat ukur lainnya, yang penting hasilnya akurat.

Kemudian tarik garis lurus dari satu titik ke titik lain menggunakan pensil atau penanda sejenis. Garis ini disebut garis elevasi. Fungsinya sebagai pemandu agar pemasangan rangka plafon tetap lurus dan seimbang.

2. Pasang Angle Wall

Cara pasang plafon GRC rangka hollow yang sebenarnya dimulai dengan memasangkan angle wall tepat di atas garis lurus yang tadi telah dibuat. Kemudian, paku menggunakan paku beton berukuran 2 cm atau 3 cm. Pastikan jarak antar paku tidak kurang dari 30 cm. Angle wall ini berfungsi sebagai penopang plafon nantinya.

Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.


Cara Pasang Plafon GRC Rangka Hollow, Lihat Yuk!


Cara Pasang Plafon GRC Rangka Hollow, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Lagasjaya.com

Di beberapa daerah, angle wall masih sulit ditemukan. Namun jangan khawatir karena hollow juga bisa digunakan sebagai gantinya. Jika menggunakan hollow berukuran 2x4, pilih paku beton berukuran 4 cm. Sedangkan untuk hollow 4x4, gunakan paku 7 cm.

3. Lakukan Pengukuran

Setelah angle wall terpasang pada semua sisi, selanjutnya lakukan pengukuran jarak untuk tiap-tiap hollow bentangan tengah nantinya. Berikan jarak 61 cm untuk tiap rangkanya dan tandai pada angle wall. Pengukuran ini hanya dilakukan pada sisi dinding yang panjang saja. Lakukan pengukuran jarak ini sampai selesai, kemudian lanjutkan pada sisi dinding di seberangnya.

Selanjutnya, ukur panjang dan lebar dinding setelah pemasangan angle wall dengan seksama, kemudian sesuaikan panjang hollow dengan ukuran tersebut. Lakukan pemotongan jika hollow terlalu panjang, atau sambung jika hollow lebih pendek dari ukuran yang semestinya.

Info Menarik Lainnya : Mau Tau Cara Pasang Plafon PVC Bertingkat? Cek Disini Yuk!

4.  Pasang Bentangan Hollow Tengah

Pasangkan bentangan hollow tengah pada angle wall di titik yang telah diberi tanda tadi dan sekrup dengan kencang. Pada tahap ini, pastikan penyekrupan dilakukan dengan baik agar hollow tidak goyang. Pastikan pula bentangan hollow dari dinding satu ke dinding di seberangnya lurus.

5. Pasang Bentangan Hollow Atas

Sebelum memasang bentangan hollow atas, ukur terlebih dahulu bidang dinding yang lebar. Kemudian sesuaikan dengan ukuran hollow. Khusus plafon GRC, pengukuran dilakukan di titik 244 cm terlebih dahulu, baru setelah itu diukur jarak 80 cm ke kiri dan ke kanan.

Bentangan hollow atas berfungsi mengunci hollow bagian bawah agar tidak goyang. Selain itu, rangka ini juga akan menahan beban plafon GRC serta memudahkan penggantungan plafon. Ini merupakan bagian krusial, jadi pastikan menyekrup semuanya dengan baik.

Info Menarik Lainnya : Cara Memasang Wallpaper Plafon Sendiri (Step by Step)

6. Buat Gantungan Rangka Plafon

Langkah selanjutnya dari cara pasang plafon GRC rangka hollow adalah membuat gantungan dari rangka hollow atas dan tengah ke rangka atap rumah. Gantungannya bisa berupa kawat, hanger, atau hollow. Sementara jarak yang bisa digunakan adalah 80 cm, 100 cm, hingga 120 cm. Namun, semakin dekat jaraknya, semakin kuat plafonnya.

Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.


Cara Pasang Plafon GRC Rangka Hollow, Lihat Yuk!
Ilustrasi. Foto by : Ilmuproyek.com

Tentukan jarak gantungan yang diinginkan. Setelah itu, kunci gantungan pada rangka atap, kemudian sekrup pada rangka atas dan tengah. Lakukan hingga semua gantungan terpasang, lalu pastikan kembali kekuatan rangka hollow dan gantungannya.

Info Menarik Lainnya : Mau Tau Cara Pasang Lis Plafon PVC? Yuk Cek Disini

7. Pasang Plafon GRC

Tahap terakhir adalah memasang plafon GRC ke rangka hollow. 

Plafon GRC yang telah disesuaikan ukurannya itu selanjutnya tinggal disekrup pada hollow (menggunakan sekrup gypsum). Jarak antar sekrup idealnya 10 cm dan pastikan pemasangan sekrup dilakukan dengan baik dan kencang. 

Lihat foto ilustrasinya dibawah ini.


Cara Pasang Plafon GRC Rangka Hollow, Lihat Yuk!
Bentuk pemasangan jika dilihat dari dalam langit-langit (ilustrasi).


Cara Pasang Plafon GRC Rangka Hollow, Lihat Yuk!
Ilustrasi pemasangannya.


Sebagai sentuhan akhirnya, maka berikan dempulan dan pengecatan pada plafon tersebut.

Info Menarik Lainnya : Cara Memasang Plafon Rumah dari Terpal Plastik

Itulah diatas cara pasang plafon GRC rangka hollow yang bisa Anda coba di rumah.

Sebagai catatan penting; kuat atau tidaknya plafon ditentukan oleh cara penyekrupan, jarak sekrup, dan gantungan rangka plafon tersebut.

Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi di artikel menarik selanjutnya.

Post a Comment for "Cara Pasang Plafon GRC Rangka Hollow, Lihat Yuk!"