Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Yuk Klik dan Kunjungi

 Advertisement Here

Software Pengubah Suara Menjadi Teks untuk PC

Software Pengubah Suara Menjadi Teks untuk PC


Software Pengubah Suara Menjadi Teks untuk PC - Bagi sebagian orang, mengetik teks secara manual di PC merupakan hal yang sangat melelahkan. Apalagi saat banyak tugas atau pekerjaan menumpuk dan harus mengetik lebih banyak lagi. Kadangkala semua kondisi itu bisa membuat kita menjadi jenuh, karena beban kerja yang sangat berat.

Lalu apa solusinya?

Sebenarnya saat ini ada solusi tepat dan bisa diandalkan, yaitu software pengubah suara menjadi teks untuk PC. 

Nah artikel kali ini akan membahas apa saja pilihan software tersebut.

Simak hingga tuntas yuk!

Keuntungan Pemakaian Software

Mengapa dibutuhkan software pengubah suara menjadi teks? 

Alasannya sudah jelas, karena orang lebih menyukai sesuatu yang praktis dan cepat. Software ini akan sangat membantu pengguna. Karena dapat menghemat tenaga dan waktu untuk mengetik sebuah dokumen. 

Dengan adanya software ini, maka tak perlu lagi mengetik secara manual. Anda cukup bicara saja dan software akan mengubah suara tersebut menjadi teks digital.

Software tersebut sangat membantu ketika seseorang sedang malas atau mungkin terburu-buru. Daripada membuang terlalu banyak waktu, maka cukup bicara saja dan membiarkan teks muncul secara otomatis. 

Menariknya lagi, software ini biasanya dilengkapi dengan korektor otomatis yang akan memperbaiki ejaan dan tata bahasa penulisan.

Namun sebelum membahas apa saja pilihan software pengubah suara menjadi teks untuk PC, perhatikan dulu beberapa hal penting berikut. 

Pertama, pastikan untuk membaca ulang hasil teks yang sudah dituliskan secara otomatis tadi. Meskipun sudah diketik secara otomatis oleh software, Anda tetap harus membaca ulang dan memeriksa apakah ada kesalahan atau tidak.

Selain itu, pastikan software yang digunakan memang efektif dan akurat dalam menerjemahkan suara menjadi tulisan. Jangan sampai hasil konversinya tidak cukup akurat, sehingga membuat isi pesan yang tertulis jadi berbeda dengan kata-kata yang Anda ucapan. 

Sangat direkomendasikan untuk memakai software ini secara bijak, agar bisa mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Software yang Direkomendasikan

Tak sulit untuk menemukan software yang bisa mengubah suara menjadi teks di PC. Seiring dengan kemajuan teknologi, sekarang ada banyak pilihan software yang bisa digunakan. 

Berikut ini ada beberapa rekomendasi software pengubah suara menjadi teks untuk PC yang praktis digunakan. 

Diantaranya:

1. Notulite

Software Pengubah Suara Menjadi Teks untuk PC


Pilihan pertama jatuh pada software Notulite

Software ini bisa mengubah suara menjadi tulisan secara akurat, bahkan saat penggunanya mengucapkan kata-kata dengan cepat. Software ini sering sekali digunakan untuk membantu pembuatan notulen saat rapat atau diskusi, karena memang akurasinya sangat bagus. 

Notulite ini juga bisa mengenali karakteristik suara. Sehingga bisa membedakan suara pembicara A maupun pembicara B.

Di dalam software ini ada sebuah fitur yang disebut Multi audio. Fitur ini akan mengubah suara yang diucapkan langsung oleh seseorang menjadi audio yang nantinya disimpan di file Notulite

Menariknya lagi, Notulite juga mampu menyunting kata-kata dan kalimat ketika melakukan transkripsi suara. Jadi teks yang nantinya ditulis oleh Notulite sudah sesuai dengan ejaan baku.

Info Menarik Lainnya : 6 Software Cek Hardisk Terbaik dan Mudah Digunakan

2. Speechnotes

Software Pengubah Suara Menjadi Teks untuk PC

Berikutnya ada Speechnotes yang mendapatkan dukungan langsung dari teknologi Google. Itulah mengapa kualitas hasil transkripsi dari Speechnotes ini terbilang sangat baik. 

Selain itu akurasinya juga cukup bagus, baik itu kata panjang maupun pendek sama-sama bisa dituliskan selama terdengar atau tertangkap oleh sistem.

Kelebihan lain dari Speechnotes adalah bisa diakses secara online maupun offline. 

Kemudian ada juga fitur editing yang akan bekerja langsung ketika pengguna sedang berbicara. 

Sayangnya ada kekurangan yang dimiliki oleh software ini, yaitu tidak bisa menempatkan huruf kapital sesuai penggunaan yang seharusnya. Selain itu Speechnotes juga diketahui tidak menyertakan tanda baca titik dan koma yang lengkap ketika melakukan transkripsi.

Info Menarik Lainnya : 5 Software untuk Membuat Jadwal Kerja Shift

3. Braina


Software Pengubah Suara Menjadi Teks untuk PC


Mengubah suara menjadi teks juga bisa dilakukan dengan bantuan software bernama Braina

Software yang satu ini dikenal sangat sederhana karena tidak melibatkan banyak fitur maupun menu. 

Cukup dengan klik ikon Mikrofon, pengguna bisa langsung mulai berbicara dan melihat hasil transkripsi dalam bentuk teks. Nantinya teks tersebut bisa segera disalin ke dokumen asli yang diinginkan.

Braina ini juga memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya untuk mengatur kecepatan suara. 

Menariknya lagi, Braina juga memungkinkan penggunanya untuk melakukan transkripsi dari teks ke rekaman suara. Tampilannya yang simple dan fitur yang mudah diakses membuat Braina banyak disukai oleh pengguna awam.

Info Menarik Lainnya : Butuh Pengganti Microsoft Office? Ini 6 Software yang Direkomendasikan!

4. Dictation Pro


Software Pengubah Suara Menjadi Teks untuk PC

Berikutnya ada Dictation Pro yang juga bisa memberikan hasil transkripsi akurat. 

Namun penting untuk diketahui bahwa pengguna harus membuat akun terlebih dahulu, agar bisa mengakses fitur yang tersedia. Software ini juga terbilang lengkap karena menyediakan platform pembuatan dokumen, sehingga hasil transkripsi bisa langsung dimasukkan ke dokumen tersebut. 

Bahkan dokumen yang sudah selesai bisa langsung di-print melalui Dictation Pro.

5. Live Transcribe


Software Pengubah Suara Menjadi Teks untuk PC


Software Live Transcribe ini pada awalnya dibuat untuk membantu proses komunikasi dengan orang tuna rungu tanpa memakai bahasa isyarat. Jadi nantinya pengguna tinggal berbicara, lalu hasil teks-nya bisa dibaca oleh orang lain. 

Salah satu poin menarik dari Live Transcribe ini adalah bisa mendeteksi lebih dari 70 bahasa yang ada di dunia.

Live Transcribe juga bisa diandalkan dalam berbagai situasi. Software ini dapat menangkap kata-kata yang diucapkan di tengah situasi bising sekalipun. 

Info Menarik Lainnya : 6 Software Anti Virus Terbaik (Bisa Diandalkan)

Bahkan software ini juga mampu menangkap kalimat yang pengucapannya menggunakan aksen atau dialek khusus. Jadi akurasinya bisa dikatakan sangat baik, karena mampu menuliskan kalimat dari suara-suara yang berbeda.

Semua software pengubah suara menjadi teks untuk PC yang sudah disebutkan diatas bisa diakses secara gratis. 

Pastikan untuk memakai software ini dengan bijak dan tetap teliti dalam melakukan pemeriksaan ulang. Jadikan berbagai pilihan software ini sebagai alat untuk meningkatkan produktivitas dan kualitas kerja.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "Software Pengubah Suara Menjadi Teks untuk PC"