Widget HTML Atas

Kiat Pengelolaan Website yang SEO Friendly

Semua orang bisa mengelola website tanpa harus belajar secara formal. Namun, tidak semua orang bisa mengelola website dengan baik. Apalagi website bisa SEO friendly dan berada di posisi teratas saat dicari dengan mesin pencari. Pengelolaan website seperti itu butuh trik khusus agar berjalan dengan sempurna sebagai cara mendapatkan uang dari internet tanpa modal.



Jika saat ini Anda memiliki website atau blog yang akan digunakan untuk jualan produk atau dimanfaatkan traffic-nya, perbaiki urusan SEO. Kalau optimasi pada website bisa dilakukan dengan jasa website gratis dan disukai oleh pencari, peluang mendulang keuntungan akan sangat besar.

Berikut kiat pengelolaan website yang SEO friendly. 


Simak baik-baik, ya!

1. Pastikan Tema Website sudah SEO Friendly


Tema atau theme yang dimiliki oleh website adalah desain secara keseluruhan mulai dari header, footer, sidebar, sampai ke bagian font dan warna. Sebagian besar tema yang ada saat ini sudah SEO friendly.

Artinya tema tidak akan memudahkan mesin pencari mengindeks dan menampilkannya.

Baca juga: Konsep Bisnis Digital Minim Modal yang Bisa Dimulai dari Rumah

Kalau saat ini Anda belum menggunakan tema yang mendukung SEO ada baiknya diganti. Tema tidak perlu yang terlalu menonjolkan sisi estetika. Anda bisa membuat tema sederhana, tapi tetap elegan dan enak dilihat.

2. Buat Konten yang Berkualitas


Hal paling penting saat mengelola website yang SEO friendly adalah mengisinya dengan konten yang berkualitas. Maksud dari konten yang berkualitas adalah konten yang dibuat dengan riset, bukan hasil copy paste dan pengacakan kata. Konten dibuat langsung dan original.

Baca juga: 3 Tips SEO untuk Meraup Keuntungan Lebih Banyak dari Website Toko Online

Jangan asal-asalan membuat konten, apalagi hanya ingin memenuhi website akan terlihat penuh saja. Kalau Anda membuat konten sembarangan, Google akan mengenalinya dan menganggap website memiliki nilai buruk. Dampaknya, meski jumlah artikel banyak dan di-posting secara berkala, urutan di mesin pencari berada di urutan bawah.

3. Optimalkan Penggunaan Kata Kunci dan LSI


Kata kunci atau keyword juga memegang peranan penting saat mengelola website SEO friendly. Kata kunci yang dimasukkan ke dalam artikel atau bagian lain dari postingan akan memudahkan mesin pencari melakukan pengindeksan. Dampaknya saat kata kunci dicari, website yang Anda miliki bisa muncul di peringkat atas.

Baca juga: Mahir Coding dengan Belajar 3 Bahasa Pemrograman Ini

Selain keyword utama, LSI atau sinonim dari kata kunci juga harus dibubuhkan agar website lebih optimal di mata mesin pencari. Saat pencarian dilakukan dengan kata kunci utama atau yang terkait, kemungkinan besar, situs masih berada di urutan paling atas.

4. Memperhatikan Kecepatan Website


Kalau ingin membuat website yang SEO friendly dan disukai oleh pengguna ponsel, pastikan kecepatan bukanya tinggi. Kalau kecepatan bukanya lama dan membuat pengguna kesal, kemungkinan besar indeks dari situs semakin anjlok.

Selalu periksa kecepatan dari website yang Anda miliki. Kalau terlalu lambat cek media yang ada di dalam konten apakah terlalu besar ukurannya atau memakai Flash. Terakhir, kalau belum ada fitur mobile view, tambahkan.

5. Menggunakan Tools SEO


Kalau Anda mengelola website dengan menyewa domain dan hosting secara mandiri, gunakan tools SEO. Alat yang bisa dipasang ke website itu akan memudahkan Anda dalam memaksimalkan kata kunci di mesin pencari.

Baca juga: 5 Keutamaan Website Untuk UMKM Agar Bisa Berkembang

Alat ini umumnya mudah digunakan karena Anda hanya perlu mengisi URL yang ada kata kunci, meta deskripsi, tag, dan lainnya. Sistem akan secara langsung melakukan optimasi sesuai dengan data yang sudah dimasukkan.

6. Mengelola Tautan dengan Baik


Website bisa disisipi tautan atau link baik ke luar atau ke dalam website itu sendiri. Tautan yang mengarah ke postingan atau artikel lain di dalam website itu sendiri bisa mendongkrak SEO. Namun, kalau link justru banyak keluar dan menuju website yang dinilai buruk, kemungkinan besar mempengaruhi performa SEO.

Pastikan untuk mengecek tautan di website secara berkala. Kalau Anda malas melakukannya, saat ini tools untuk mengecek hal itu sehingga Anda cukup menuju postingan yang dicurigai dan menghapusnya.

7. Promosi di Media Sosial


Lakukan promosi di media sosial dengan baik. Usahakan website yang sudah dibuat memiliki akun media sosial sendiri. Akun ini akan memaksimalkan jumlah traffic yang masuk dan melakukan branding.

Sebagus apapun website yang dibuat dan kontennya juga berkualitas, jika tidak ada yang mengenali bisa percuma. Oleh karena itu promosi harus dilakukan dengan sempurna agar semua orang tahu dan akhirnya pengunjung dari website terus naik.

Baca juga: Tingkatkan Ranking Website dengan 7 Tips SEO Berikut

Lakukan promosi di media sosial yang banyak target market-nya. Misal Anda membangun website yang menjual produk fesyen wanita. Promosi bisa dilakukan di Instagram atau media sosial lain yang pengguna wanitanya banyak.

Inilah kiat pengelolaan website yang SEO friendly. Dengan melakukan beberapa cara di atas, optimasi website atau mungkin toko online yang Anda miliki bisa sempurna. Jika memasang iklan, pendapatan bisa lebih banyak. Selain itu kalau Anda memakainya untuk jualan, peluang dapat keuntungan akan besar.

Semoga bermanfaat.

No comments for "Kiat Pengelolaan Website yang SEO Friendly"

Berlangganan via Email