Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML Atas

5 Manfaat Website Mobile-Friendly untuk Toko Online

Pertengahan tahun 2010-an ke atas adalah eranya situs mobile-friendly, terutama dengan semakin banyaknya pengguna ponsel di seluruh dunia. Pemilik toko online baru maupun lama harus mempertimbangkan pengguna ponsel jika ingin bisnis sukses.

Jika Anda punya toko, pastikan untuk menggunakan WordPress hosting Indonesia berkualitas tinggi dan mengubah situs menjadi lebih mobile-friendly (atau membuat yang semacam ini sejak awal).

Mengapa Anda harus repot-repot membuat situs menjadi lebih ramah ponsel? Apakah ada keuntungan langsung yang bisa diperoleh?



Inilah beberapa pertimbangan untuk mengadopsi teknologi mobile-friendly pada situs toko online.

Cekidot!

Akses Situs Lebih Cepat dan Mudah


5 Manfaat Website Mobile-Friendly untuk Toko Online

Tak ada yang paling dibenci pengguna internet selain situs yang lambat atau susah diakses. Versi mobile-friendly dari sebuah situs biasanya relatif beroperasi lebih cepat di ponsel. Pengunjung situs bisa dengan mudah melihat-lihat katalog atau daftar produk, membaca konten terkait, serta memproses pembayaran secara lebih mudah.

Baca juga: Tingkatkan Ranking Website dengan 7 Tips SEO Berikut

Versi mobile dari situs toko online biasanya tidak seberat situs desktop, misalnya dalam hal tampilan, jumlah plugin, dan desain. Hal ini membuat situs mobile lebih mudah diakses, terutama oleh pengguna dengan sinyal internet lemah.

Kecepatan akses adalah salah satu penentu kesuksesan situs jualan, terutama karena pengunjung mendapat pengalaman positif di sana. Selain itu, pastikan juga keamanan aksesnya dengan menggunakan ssl murah Indonesia yang berkualitas.

Interaksi dengan Pengunjung/Pembeli Lebih Dinamis


Sebagian besar komunikasi jarak jauh kita kini menggunakan ponsel. Situs mobile dirancang untuk digunakan dengan mudah di alat komunikasi tersebut. Hal ini membuat proses interaksi dengan pengunjung serta calon pembeli menjadi lebih dinamis. Anda bisa dengan cepat menjawab pertanyaan, mengelola penawaran, hingga melayani permintaan negosiasi harga.

Baca juga: 5 Keutamaan Website Untuk UMKM Agar Bisa Berkembang

Situs mobile juga memiliki sifat lebih interaktif dalam desainnya dibandingkan versi desktop.

Pengunjung tidak hanya bisa menekan tautan, tetapi juga mengakses drop-down menu, memperbesar atau mengecilkan gambar dengan cara menggeser menggunakan jari, membagikan rekomendasi produk di media sosial mereka, serta memamerkan hasil belanja ke teman dan kerabat lewat ponsel.

Lebih Mudah Mengirim Informasi/Notifikasi


Situs mobile-friendly dan aplikasi membuat Anda lebih mudah mengirim notifikasi serta informasi langsung ke ponsel calon pembeli. Notifikasinya akan muncul walau pemilik ponsel tidak sedang mengakses situs toko Anda. Hal ini berbeda dengan situs desktop yang hanya dirancang untuk mengirim notifikasi ke browser, tetapi tidak ke ponsel (kecuali jika desain situsnya disetel khusus).

Baca juga: Mahir Coding dengan Belajar 3 Bahasa Pemrograman Ini

Kemampuan mengirim informasi lewat notifikasi langsung ini akan menguntungkan Anda sebagai pemilik toko. Anda bisa mengirim informasi promo kilat, diskon, penawaran khusus (misalnya untuk menyambut hari raya), dan sebagainya. Hal ini akan menjadi nilai tambah di antara pengunjung situs, sekaligus membuat Anda lebih kompetitif dibandingkan toko serupa.

Aspek SEO Lebih Optimal


Tahukah Anda bahwa Google memperhitungkan website mobile-friendly serta aplikasi sebagai faktor pendukung SEO? Hal ini akan membuat peringkat situs Anda di Google meningkat, menambah reputasi serta membawanya ke halaman depan hasil pencarian. Hal ini bisa terjadi jika ada pengguna internet yang mengetik kata kunci terkait produk Anda.

Baca juga: 3 Tips SEO untuk Meraup Keuntungan Lebih Banyak dari Website Toko Online

Jika aspek SEO terdongkrak, reputasi Anda juga akan terangkat. Hal ini berguna untuk “meyakinkan” calon pengunjung agar melirik toko Anda ketika mencari produk terkait. Anda bisa mengoptimalkan situs desktop yang mobile-friendly serta aplikasi secara bersamaan untuk semakin meningkatkan reputasi melalui SEO.

Kepuasan Pengunjung Lebih Terjamin


Situs mobile-friendly membuat pengunjung lebih puas menjelajahi toko Anda. Tampilannya cenderung lebih memudahkan terutama dalam kegiatan seperti mengecek katalog satu-persatu, melihat deskripsi barang, menjelajahi berbagai menu, hingga membaca konten promosi di ponsel. Situs yang tidak dioptimalkan untuk pengguna ponsel biasanya sulit dibaca dengan nyaman.

Baca juga: Konsep Bisnis Digital Minim Modal yang Bisa Dimulai dari Rumah

Dengan tampilan lebih nyaman, pengunjung akan terus memilih untuk pergi ke toko Anda demi berbelanja (atau minimal melihat-lihat produk). Hal ini meningkatkan aspek kepuasan dan bahkan mendorong rekomendasi yang setara dengan promosi mulut ke mulut. Hal ini tidak hanya bermanfaat untuk reputasi online, tetapi juga daya saing terhadap bisnis serupa.

Bagaimana Membuat Website Lebih Mobile-Friendly?


Situs yang mobile-friendly akan segera ketahuan dari tampilannya begitu pengunjung memasuki toko. Misalnya, tampilan situs lebih responsif dan menyesuaikan dengan ukuran layar gawai. Ukuran hurufnya juga lebih besar, tetapi tetap mencerminkan desain khas situs tersebut sekaligus enak dibaca.

Setiap foto dan ilustrasi mengalami penurunan muatan serta ukuran, namun masih bisa terlihat jelas. Situs versi mobile juga cenderung memotong banyak hal yang tidak perlu. Misalnya, tidak ada animasi flash, pop up, atau slideshow.

Baca juga: Kiat Pengelolaan Website yang SEO Friendly

Anda juga sebaiknya membuat ikon dan tombol menjadi lebih besar serta menempatkan menu di tempat yang akan dicari pertama kali oleh pengguna ponsel. Sebaliknya, berikan pilihan fungsional seperti mode gelap (dark mode) dan tautan cepat untuk kembali ke situs desktop.

Membuat situs lebih mobile-friendly menawarkan banyak manfaat untuk toko Anda. Fokuslah pada aspek-aspek desain situs yang memudahkan kegiatan pengunjung (atau gunakan jasa website builder seperti Zyro), dan mulailah mengembangkan bisnis dari sana.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment for "5 Manfaat Website Mobile-Friendly untuk Toko Online"

Berlangganan Artikel Via Email (Jangan lupa Klik re-CAPTCHA dan Cek isi Email Anda)